Apa Sih Itu Backlink Dan Keyword Yang Sebenarnya / Sesungguhnya. - Oprekan-IT

Apa Sih Itu Backlink Dan Keyword Yang Sebenarnya / Sesungguhnya.

Assalamu'alaikum warahmatullahi.wb...

Maaf saya ingin menyampaikan keluhan, saya belajar SEO, masih di bagian Backlink serta Keyword dan keduanya blm ngerti 😵. Sebenarnya apa sih itu Backlink dan Keyword yang sebenarnya/sesungguhnya?

Saya Newbie dan Mohon Petunjuknya 🙏

Saya disini bukan berbagi/pamer, tapi tolong para Master untuk mengkoreksi ilmu yang saya punya mengenai keduanya, jika salah tolong benarkan.

#BACKLINK

Yang pertama mengenai Backlink, saya masih belum mengerti apa itu Backlink, tetapi yang saya tau kata itu berasal dari bahasa Inggris, Back (Kembali) dan Link (Pranala/Tautan), jika di gabungkan “Backlink" (apasih) artinya “Tautan Kembali" (ya/bukan, maklum blm paham bahasa Inggris 😅). Jika “Iya" maka (apa itu) mempunyai makna, “Tautan Eksternal (dari luar) yang menuju ke Tautan Internal (Blog)”, apabila di sederhanakan, “Tautan yang berasal dari Luar yang mengarah ke Blog kita sendiri". Contoh blog A dengan baik hati mengarahkan link aktif (anchor text, “<a href") ke Blog kita sendiri sehingga (entah katanya bisa) mendapat memberi power (tapi bingung power apa yang dimaksud) atau bahkan pengunjung (ke/di blog kita).

Nah disini saya bingung, (sebenarnya saya tidak tau pasti)  kenapa banyak Blogger yang mencari/memburu Backlink dan itu (katanya) bisa didapatkan, memang ada beberapa cara tapi saya bingung. Bingungnya, ada gitu orang yang bagi² Link Situsweb yang katanya kita bisa dapat Backlink darinya, tetapi saya heran, dulu saya pernah mengumpulkan dan saya coba, kenapa hampir semua link tersebut itu “Halaman Error" emm emang ada Backlink tapi masa di Halaman Error, bukannya mendapat Backlink tapi malah dapet Spam nantinya (CMIIW).

Master Blogger juga tidak menyebutkan / menjelaskan sepenuhnya, tetapi banyak yang berkata bahwa Backlink itu akan datang dengan sendirinya. Jika kembali pada pengertian diatas, ada benarnya Backlink itu tidak perlu dicari dan ini terkait satu Ilmu yang saya sendiri juga tidak bisa menyebutkannya 😀.

Tolong koreksi ..

Jika Iya, saya masih bertumpu pada pengertian tersebut, sebenarnya Backlink itu tidak bisa dicari/ditanam dengan sembarangan. Tetap, situs web/blog yang mudah mendapat Backlink tentu saja “Web/Blog Download, Tutorial, seterusnya”. Kenapa? Bahkan saya menilai dan menurut saya sendiri, Backlink itu adalah Sumber Pengunjung yang bisa didapatkan dengan Mudah namun Susah, terpenting GRATIS tanpa harus MEMBELI seperti melalui Forum dengan cara (tetapi cara ini adalah Ilmu Premium nantinya, hehe), saya dulu pernah mencoba menanam 1 Backlink saja, alhamdulillah saya mendapat 2 Pengunjung Organik dari Media Sosial (kenapa saya sebut Organik, ada alasannya) namun mereka tidak/belum kembali karena ya yang saya coba itu Blog Sampah 😀🙏, maaf saya pemula jadi coba2 dulu.

Kenapa saya sebut Backlink itu Sumber Pengunjung (bahasa kerennya, apasih, iya tau “Visitor" tapi yang lainnya “Trafik" ya?”), yang saya tau dan menurut saya sendiri, Search Engine itu nomor 2 untuk mendapatkan/sumber Pengunjung (untuk yang blm ngerti) dan tentusaja yang nomor 1 itu Media Sosial tetapi bagi ORANG NGERTI itu kebalikannya. Mengapa saya katakan, sumber Trafik terbesar itu (singkat saja :v) Medsos? Jawabannya karena saya blm ngerti 😀.

Kenapa saya sebut yang mudah mendapat Backlink itu situs/blog (dengan Niche) “Download dan Tutorial", misal, ada orang nih contohnya di Medsos yang bertanya “Eh gan, rekomend dong, tempat Download Anime/Musik (atau yang sejenisnya karena ini cuma contoh)” terus ada orang yang bilang/menjawab “Gw mah biasa download/streaming di situs Favorit/Langganan gw, (ex:) xn**com (maklum di Sensor orang saya gak dibayar/disponsori 😀)". Bukannya itu menjadi Backlink nantinya atau tanpa sadar orang tersebut memberi kita Backlink (eh bener ga sih)? Itulah sebabnya saya katakan “Mendapat Backlink itu Mudah namun Sulit" dan ada alasannya.

Berkaca (jangan salah paham, emang gak ada kacanya tapi ini cuma perumpamaan woy) pada jaman Now (hmmm maksud saya saat ini) jika mengandalkan Search Engine itu harus mati²an (berjuangnya) apalagi seperti Google, sebab Keyword apa sih yang gak diembat ama Mbah Tribun dan kawan² nya (nanti keywrod dibagian kedua) Inilah alasan saya Sumber Trafik nomor 1 itu Media Sosial (Master be Like: Setelah dipikir² ada benarnya juga kecebong darat ini 🤔) dan tentusaja menggunakan Backlink.

Jadi, menurut saya banyak penjelasan tentang Backlink itu keliru, entah kenapa Olang² diluar sana seperti Menyulitkan apa yang sebenarnya Mudah, iya gak sih? Kalau dipikir² atau dimasukin Logika, kalau penjelasannya dipermudah ya mereka gak laku buka kelas/meraup Cuan, hehe 😅. Tetapi, jangan salah, Ilmu itu adalah Hal yang TERMAHAL jika di uang-kan maka tidak ternilai harganya jadi hargailah ilmu meski sebiji jagung 😀 seperti saya 😅.

Mendapat backlink juga bisa dengan BlogWalking, sedikit Master yang merekomendasikan untuk menanam Backlink di topik yang sama, misalnya topik/judul “Cara Menanam Pot kedalam Cabai” naruh link dengan topik yang sama, padahal menurut saya itu keliru, tapi cobalah untuk menanam Backlink di topik yang sama tapi berbeda :v (ngelag ya? Coba pikir apa coba? Maksudnya Mirip) contoh kalau dia topiknya “Cara Menanam Pot kedalam Cabai” maka topik yang mirip “Cara Merawat tanam yang DiCabai” tapi jangan cuma link tapi sertakan Keyword biar gk dianggap spam.

Misalnya dengan kata² alay dan menjijikan seperti dibawah ini :

“Wah, artikel yang hebat. Penjelasannya lengkap mengenai Cara tanam Pot di Cabai, penulis menggunkan Gaya Bahasa yang Santai dan Mudah dipahami oleh saya yang Ehem, terlebih penyampaiannya Menyenangkan. Saya juga mempunyai rekomendasi, siapa tau disini atau bisa jadi bahan acuan bagi penulis dalam merawat tanaman Cabai karena cabai juga butuh perawatan 😅.

https://www.******er.com/semurcabai/balabala.html”

Yup, tentu saja caranya melalui Kolom Komentar, sebenarnya banyak cara tapi yang saya tau ini yang Gratis! 😅 Kalo bisa sih komen di media besar kalo bisa seperti Tribun dkk, ehhh kok jadi so mengajari kaya gini, maaf .. saya tidak sengaja dan tidak bermaksud mengajari, saya juga butuh pengajaran.

#KEYWORD

Up, bener gak tulisannya? Keyword atau Keyboard yah 😅 bomat deh suka2 saya yang nulis 😀.

Saya mau bertanya, “Cara Meletakan Keyword pada Konten itu Bagaimana dan bagian2 lainnya” saya blm ngerti, Keyword Utama (menurut saya) tentusaja terletak pada Judul dan itu Hanya Mengandung Satu Bidikan Keyword Saja, tidak mungkin kan, Judulnya misalnya “Cara Menghidupkan Kompor Portable, Lampu, Sepeda Motor dsb” padahal bidikan/topiknya cuma menghidupkan/menyalakan Kompor 😅 dan menurut saya, Keyword di Konten itu cuma Keyword Pendukung. Balik lagi ke Judul, gpp sih ya, kalau judulnya mengandung keyword pendukung tidak hanya Keyword Utama, misalnya “Cara Menghidupkan Kompor Portable” jadi “Cara Menyalakan Kompor Gas Portable Cosmos Mudah” (bener ga sih?).

Saya bingung, setiap saya Riset Keyword di keywordtool.io (gpp saya suka yang gampang 😅 gak mau yang ribet terlebih Free) saya mendapat banyak keyword, terus cara mainnya di konten bagaimana? Misalnya bidikan/target keyword saya, “Cara Mengatur Keuangan Pribadi", dapetnya keyword bejibun kaya gini :

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil

cara mengatur keuangan pribadi remaja

cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 1 juta

cara mengatur keuangan pribadi mahasiswa

cara mengatur keuangan pribadi pelajar

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 2 juta

cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji 3 juta

cara mengatur keuangan pribadi anak sekolah

cara mengatur anggaran keuangan pribadi

cara mengatur keuangan bulanan pribadi

bagaimana cara mengatur keuangan pribadi

cara cerdas mengatur keuangan pribadi

cara mengatur keuangan pribadi di excel

cara mengatur keuangan pribadi dan usaha

cara mengatur keuangan pribadi dengan baik

jelaskan cara-cara mengelola keuangan pribadi dengan baik

cara mengatur keuangan pribadi gaji 4 juta

cara mengatur keuangan pribadi gaji 5 juta

atur keuangan pribadi

rumus mengatur keuangan pribadi

mengatur keuangan pribadi

pengaturan keuangan pribadi

tips mengatur keuangan pribadi

cara untuk mengatur keuangan pribadi

cara mengelola keuangan pribadi yang baik

cara mengatur keuangan yang minim

Apa perlu saya masukkin semuanya? Tapi gak mungkin 😂 (eh, salah emot maksudnya) 😭 (sorry mirip soalnya :v). Kalau kata Master sih, “Tinggal Sambung Kata” udah itu doang Clue nya, seperti tidak sepenuhnya dijelaskan 😅.

Kayak gini bukan sih contohnya kalau dibagian konten”

•••

Banyak orang diluarsana yang salah dalam mengatur keuangan pribadi sehingga tingkat keuangan menjadi minim, diperlukan pembelajaran atau pengetahuan mengenai hal ini agar keuangan anda tidak boros walaupun dengan gaji Kecil misalnya 5, 4, 3, 2 Juta bahkan 1 Juta Rupiah perbulan.

Sebenarnya, pengelolan yang baik tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja tetapi juga untuk mahasiswa, remaja dan anak sekolah supaya apapun kebutuhan atau keinginannya menjadi terpenuhi dengan pengalokasikan keuangan yang teratur.

•••

(Bener gak sih? CMIIW)

Maaf, saya blm ngerti, mungkin sampai disini saja keluhan saya, udah capek ngetiknya 😅 mohon petunjuknya atas kebingungan dan ketidak mengertian saya ini, apakah pengetahuan saya diatas itu benar/salah, mohon dikoreksi.

Maklum Master saya masih belajar merangkai kata penulisannya juga rada acak²an, sebenarnya apa Newbie seperti saya ini pantas jadi Blogger? Nulis aja aduhhh, hehe, sebenarnya saya belajar menulis itu hampir atau bahkan lebih dari 5 tahun karena sampai sekarag juga saya masih belajar tapi ya maaf tulisan saya gini apa adanya sebab saya belajar tidak seperti Mastimon 😅 ini aja lagi Mood aja dikit.

Mohon maaf, saya tidak bermaksud untuk mengajari dan  saya juga tidak berbagi tetapi tolong dikoreksi sebab takut salah dan jika salah tolong dibenarkan, saya memohon Bimbingannya.



Related Posts

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Sih Itu Backlink Dan Keyword Yang Sebenarnya / Sesungguhnya."

Post a Comment