Acer Aspire 4738z Masalah Hidup Sebentar Langsung Mati - Oprekan-IT

Acer Aspire 4738z Masalah Hidup Sebentar Langsung Mati

Acer Aspire 4738z masalah Hidup Sebentar Langsung Mati (Tekan Tombol Switch nyala sebentar, Ampere Tinggi dan kemudian Langsung Mati).

Sering kali ketemu kasus dengan masalah yang sama yaitu tekan switch on/off nyala hidup sebentar ampere pada PSU 2.9xx kemudian langsung mati.
Perngerjaan : sebelum dibongkar analisa dengan menggunakan PSU terlebih dahulu, sebelum analisa cabut batre, kemudian colok PSU, ternyata ampere standby tidak normal sekitar 0.033 (normal nya adalah 0.002 – 0.005).

Lanjut pembongkaran unit laptop, setelah dibongkar cek komponen dan perhatikan juga fisik, jika banyak kotoran debu, bersihkan terlebih dahulu, hal kerusakan seperti ini yang perlu di ingat dalam teknik perbaikan nya adalah jika colok psu ampere langsung tinggi seperti di 0.033 pada PSU, biasa nya ada komponen yang short pada bagian alws, cek jalur alws saja dan tetap focus ke jalur tersebut, jangan lupa pada bagian i/o juga di cek seperti IC LAN, IC USB, IC Sound, dan lain-lain di jalur ALWS.

Lakukan pengecekan dengan teliti menggunakan buzzer pada Avo Meter, ternyata ketemu masalahnya pada Jalur LID dan yang short adalah C491 (capasitor keramik), perhatikan gambar skema dibawah. Copot C491, kemudian test colok PSU, ampere pada PSU sudah di 0.003, yang berarti short sudah hilang. Cari pengganti C491 dan pasang komponen tersebut, kemudian test colok psu dan tekan tombol switch on/off, ternyata Alhamdulillah sudah Nyala Normal dan Ampere PSU ketika switch sudah Normal di 0.9xx. Test pasang hardisk, pasang batre dan colok Port VGA ke monitor External, Alhasil sudah Normal.



Semoga Bermanfaat.

  • Untuk File Bios Acer 4738G Silahkan Download Pada Link Ini ==>>
  • Untuk File Bios Acer Tipe Lainnya Silahkan Download Pada Link Ini ==>>
  • Untuk File Bios Merk dan Tipe Laptop/Notebook Lainnya Silahkan Download Pada Link ini ==>>

Related Posts

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Acer Aspire 4738z Masalah Hidup Sebentar Langsung Mati"

Post a Comment