Solusi Cara Main Game PUBG, Mobile Legend, Free Fire Agar Tidak Ngelag, Lelet dan Panas Pada Smartphone Android Ketika Bermain - Oprekan-IT

Solusi Cara Main Game PUBG, Mobile Legend, Free Fire Agar Tidak Ngelag, Lelet dan Panas Pada Smartphone Android Ketika Bermain

Oprekan-IT - Ketika anda membaca Artikel ini dengan seksama, saya tau anda sedang suka bermain game pada smartphone anda. Dan tentunya berbagai macam game yang anda minati adalah PUBG, Mobile Legend (ML) Maupun Free Fire yang saat ini sedang di minitai dan dimainan oleh semua anak-anak, remaja dan kaum dewasa.

Game-game ini sudah bomming ke seluruh pelosok nusantara, baik di daerah perkotaan maupun didaerah pedesaan (kampung-kampung) yang hampir setiap saat, setiap waktu, dan tiada hari tanpa main kecuali handphone anda rusak atau koneksi internet mati, atau tidak ada duit beli kuota internet. Betapa untung nya penjual handphone, penjual kuota internet karena dengan adanya minat game ini, si penjual handphone dan kuota internet menjadi laris-manis.

Memainkan game berat seperti PUBG, Mobile Legend (ML) maupun Free Fire tidak bisa dipungkiri karena memakan spesifikasi daya yang lumayan banyak daripada membuka aplikasi lainnya pada smartphone anda.

Hampir Setiap anda memainkan game berat ini, pasti perlahan-lahan dan lama-kelamaan handphone anda menjadi panas, dengan panas inilah Salah satu penyebab ngeleg (lelet) nya anda memainkan game ini. karena selain spesifikasi handphone anda yang rendah masih ada penyebab lainnya.


Tahukah anda bahwa handphone yang memiliki spesifikasi rendah akan memproses atau memakan grafik (VGA) yang besar untuk memaksa grafik anda agar bisa ditampilkan dilayar smartphone anda. Disebabkan karena hal ini (kurangnya kemampuan atau spesifikasi pada handphone anda) untuk menangkap, menjalankan dan mendapatkan informasi yang lebih cepat maka handphone anda akan mengalami panas yang berlebih saat memainkan game berati ini seperti PUBG, Mobile Legend dan Free Fire.

Trik dan Tips Solusi Bermain Game PUBG, Mobile Legend, Free Fire Supaya Tidak Ngeleg, Lelet dan Tidak panas
Memainkan Game PUBG Mobile Dengan Resolusi Tinggi

Adapun tips yang anda lakukan sebelum memainkan game berat seperti PUBG, Mobile Legend, maupun free fire supaya tidak panas dan lelet pada smartphone / handphone anda sebagai berikut ;

1. Sebaiknya sebelum memainkan game anda bersihkan dahulu semua recent Aplikasi APP yang terbuka.

Sebelum anda membuka dan memainkan game, membersihkan atau menghapus recent APP sangatlah penting anda lakukan, karena dengan adanya recent app yang terbuka maka space hardware pada smartphone anda banyak termakan. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kinerja handhpone anda saat anda memainkan game, tentunya panas yang begitu cepat dan lama-kelamaan handphone menjadi lelet.

2. Sebaiknya sebelum anda memainan game, setting grafik game smartphone anda, gunakan settingan yang rendah.

Settingan grafik saat memainkan game seperti PUBG menjadi alasan terpenting karena pengaruh pada grafik juga tergantung spesifikasi handphone anda. Jangan spesifikasi handphone anda rendah, anda gunakan settingan grafik yang tinggi.

Dalam settingan grafik untuk bermain Game PUBG mobile terdapat beberapa pilihan seperti smooth, balance, HD, HDR, dan ultra HDR. Selain itu ada juga terdapat settingan fps (frame per second) yakni low, mid, high ultra sampai extreme.

Untuk handphone Anda yang memiliki spesifikasi rendah, sebaiknya gunakan default yang hanya bisa menjalankan game dengan settingan grafis low dan smooth. Namun mekipun menggunakan settingan grafis low dan smooth hasilnya tetap juga panas. Memang karena handphone anda yang tidak mampu dengan spesifikasi yang dimiliki nya.

Jika handphone anda bisa menjalankan grafik smpai ke settingan fps extreme, artinya handphone anda mampu menjalankan game dengan sangat baik. Semakin tinggi fps maka semakin lancar game tersebut untuk dimainkan, semakin halus gambarnya, semakin anda puas memainkan game berat kesayangan Anda. 

Jika anda nyaman dengan settingan grafik fps high, yang sekitar 60 fps, pada settingan itu sebenarnya sudah sangat nyaman bermain pubg mobile. Saat diturunkan lagi ke mid, maka akan berubah sekitar 30 fps, dan handphone menjadi sedikit lebih dingin dari pada sebelumnya.

Kesimpulannya, Bermain game dengan menggunakan spesifikasi grafik rendah, handphone anda tidak terasa panas, tetapi kepuasan anda dalam bermain menjadi berkurang.

3. Sebaiknya sebelum anda memainkan game kesayangan anda, gunakan jaringan wifi dan matikan saja mode data.

Penggunaan jaringan wifi saat bermain game pubg juga sangat penting untuk menghilangkan panas pada handphone anda. Saat bermain game pubg dengan "mode data" dengan data sedikit akan membuat smartphone / handphone anda manjadi panas. Cobalah bermain pubg dengan jaringan wifi. Dengan jaringan wifi smartphone akan tidak ikut mengambil internet untuk memproses data dari kartu sim anda. Mengambil data menggunakan mode data proses nya lebih berat dari pada mengambil data dengan jaringan wifi.

Lalu perlu diingat bahwa selain device smartphone yang kurang tinggi, faktor jaringan internet yang digunakan juga sangat berpengaruh pada panasnya handphone anda. Jaringan yang tidak stabil akan memaksa perangkat anda untuk bekerja lebih supaya bisa menghasilkan ping yang tinggi terhadap internet.

"Pastikan jaringan wifi anda stabil". 

Lakukan ping pada smartphone anda, pastikan ping kecil dibawah 200. Jika saat ping yang didapatkan menunjukan angka yang besar seperti (200-300 dan seterusnya) maka game pubg juga akan menjadi lambat responnya.

Tips bermain game pada jaringan wifi :
  • Gunakan jaringan internet yang stabil, bukan jaringan internet  yang hanya cepat saja tetapi tidak stabil.
  • Gunakan Radio Access Point yang bagus untuk gamming. Fungsi dari access point ini adalah untuk memancarkan gelombang radio frekwensi atau sering orang sebut memancarkan sinyal wifi seperti nama jaringan hotspot. Selain internet yang sudah stabil, radio access point juga pengaruh pada jaringan wifi yang tidak stabil, selain itu juga radio access point ini juga harus tahan berapa banyak user bisa di tampung dalam satu koneksi.

4. Sebaiknya dalam memainkan game, anda Gunakan Hardcase atau Softcase smartphone.

Kelihatannya sepele, tetapi ini juga sangat penting. Bagian belakang smartphone anda biasanya pada bagian dekat kamera terasa menjadi lebih panas. Itu disebabkan karena posisi processor dan vga pada handphone anda berada didekat kamera. Game pubg akan memakan resouce dan space yang lebih ketika menangkap, menampilkan dan menjalankan informasi untuk diproses. Sehingga menyebabkan smarphone / handphone anda terasa panas.


5. Sebaiknya ketika anda bermain Game, Gunakan Stick Game yang berkipas.

Biarpun kelihatannya begitu merepotkan, hal ini adalah solusi paling bagus untuk mengatasi panas pada smartphone anda. Stick game yang berkipas bentuknya sama seperti stcik biasa pada umumnya, hanya saja pada bagian atasnya terdapat 2 kipas yang berputar.


Trik dan Tips Solusi Bermain Game PUBG, Mobile Legend, Free Fire Supaya Tidak Ngeleg, Lelet dan Tidak panas
Stick Game Berkipas

Cara pakai kipas ini sangatlah mudah, cukup menjepit hp lalu tekan tombol power untuk menyalakan kipasnya.
Stick ini menggunakan batere yang bisa dicharger untuk daya pemutar kipasnya. Jadi daya nya bukan diambil dari handphone anda.

6. Sebaiknya anda bermain Game Kesayangan Anda Didepan Kipas Angin.

Solusi yang satu ini biarpun kelihatannya sangatlah tidak flexible bagi anda, tetapi cara ini sangatlah baik dilakukan untuk menghindari panas berlebih pada handphone anda saat anda bermain game. Anda bisa bermain game PUBG dengan santai dikamar anda dengan mengarahkan kipas angin ke smartphone anda.

7. Sebaiknya Ganti Smartphone atau Handphone Anda dengan Spesifikasi yang Lebih Tinggi.

Solusi yang Terakhir adalah solusi yang terbaik, walau kelihatan sangatlah baik tetapi anda harus mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan handphone yang memiliki spesifikasi tinggi sehingga menjadi handphone kesayangan anda yang dapat memaikan game berat. Apalagi saat ini hampir semua game selalu update Terbaru sehingga anda harus mengupgarde handphone anda agar anda dapat memainkan game dengan versi-versi update-an terbaru. Hal ini karena update terbaru sangat mendukung smartphone dengan spesifikasi yang tinggi.

Untuk mendapatkan rekomendasi handphone murah tetapi mendukung spesifikasi tinggi untuk menjalankan game berat kesayangan anda, dapat anda lihat disini ==>

Kesimpulan tips dari Solusi Cara Main Game PUBG, Mobile Legend, Free Fire Agar Tidak Ngelag, Lelet dan Panas Pada Smartphone Android Ketika Bermain dapat anda pilih salah satu di atas agar handphone anda tidak lagi panas dan lelet ngeleg ketika bermain game kesayangan anda.

Related Posts

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Cara Main Game PUBG, Mobile Legend, Free Fire Agar Tidak Ngelag, Lelet dan Panas Pada Smartphone Android Ketika Bermain"

Post a Comment