TEKNISI SOUND ENGINEERING (TEKNISI DIBELAKANG PANGGUNG) - Oprekan-IT

TEKNISI SOUND ENGINEERING (TEKNISI DIBELAKANG PANGGUNG)

Secara sadar atau tidak sadar, teknisi atau yang biasa disebut sound engineering adalah pahlawan di belakang panggung, mereka bekerja bukan untuk menjadi sosok artis atau anak band pada umumnya, tetapi mereka menjadi penentu artis atau band yang akan tampil dapat bermain dengan kualitas sound yang baik dan maksimal, perlu diketahui, bahwa teknisi atau sound engginering adalah penentu jalan atau tidaknya suatu pertunjukan.

Jenis-jenis sound sistem

Sound sistem untuk jenis pertunjukan di lapangan atau outdoor biasanya pada umumnya ada 2 jenis sound out, dan ada juga sound sistem untuk indoor.

  • Sound out untuk ukuran sedang ( sound Standart )
Sound Out untuk ukuran sedang biasanya menggunakan speaker monitor dan woofer dengan cara di tumpuk dengan posisi woofer di bawah dan di atasnya speaker monitor, biasanya digunakan untuk acara-acara yang berlevel sedang, dengan kapasitas sound 3000 watt hingga 5000 watt.

TEKNISI SOUND ENGINEERING (TEKNISI DIBELAKANG PANGGUNG)

Sound Sistem


  • Sound out untuk ukuran besar
Sound ini biasanya digunakan untuk standart artis, biasanya sound yang digunakan meliputi speaker monitor dengan ukuran besar yang di gantung biasanya disebut ( sound gantung ) dan woofer yang berukuran besar, kapasaitas sound berkisar antara 10.000 watt hingga 50.000 watt bahkan bisa lebih dari itu.

Sound System
  • Sound sistem in door
Sound sistem ini biasanya digunakan untuk acara kecil, misalnya pernikahan, elekton, demo music, dan lain-lain, susunan dari sound sistem ini terdiri dari sound monitor kecil yang di sangga oleh stand, dan menggunakan woofer berukuran kecil, kapasitas sound ini antara 300 watt hingga 500 watt.

Merakit sound

Berikut ini skema yang umum digunakan untuk spesifikasi sound out pada suatu pertunjukan atau konser-konser besar.

Skema Soud


Tips Sound System Panggung Yang Baik

Mengapa dalam pertunjukan music pada awalnya sound system kurang bagus? Selama beberapa tahun menggeluti bisnis hiburan musik, saya selalu mendapati pada awal pertunjukan, (Sewa Sound) sound sistem pasti tidak bagus atau maksimal, baru di tenggah atau akhir acara, sound system akan terdengar bagus. Mengapa demiklan?

Setelah saya amati dan bertanya demgan ahli sound system yang saya temui. Masalahnya adalah belum panasnya sound system tersebut pada awal acara. Hal ini disebabkan ada amply panggung yang masih menggunakan system tube yaitu baru bagus jika sound itu telah dinyalakan selama beberapa waktu. Jadi karena belum siap untuk dipanaskan, maka sound (Sewa Sound) jadi kurang maksimal.

Cara yang banyak digunakan oleh sound enginer ialah dengan mengetes terlebih dulu sound tersebut selama beberapa lama sebelum acara dimulai, biasanya dengan mendengarkan CD atau tes alat music. Jika semua sudah oke maka sound system siap digunakan dan jadi lebih bagus.


Jenis Back Sound untuk Instrumen ( alat musik )

Jenis-jenis back sound yang umum digunakan untuk pendukung instrument yang kita mainkan di panggung pertunjukan, sound ini merupakan seting dasar untuk instrument yang akan kita mainkan baik itu gitar, bass, keyboard, dan lain-lain, Back sound biasanya ada 2 jenis, yaitu :

  • Sound Combo
Sound ini bisanya memiliki susunan yang pada umumnya memiliki 1-2 Speaker dan equalizer yang menjadi satu dalam satu sound case, biasanya jenis sound ini digunakan untuk gitar rhytm atau keyboard.

Suara Menggelegar

Sound Combo

  • Sound Head Cabinet
Sound ini memiliki susunan speaker dan equalizer terpisah dalam 2 case, case d atas adalah Head berisi equalizer, volume, multi efek, dan lain-lain, dan case di bawahnya berisi speaker yang berisi 2–4 Speaker, biasanya sound ini digunakan untuk lead guitar dan bass.

Sound Head Cabinet


Merk-merk back sound bermacam – macam, dari kelas local hingga kelas artis, sound yang umum digunakan untuk rental studio atau pertunjukan biasanya untuk gitar menggunakan Marshall, Randal, Laney, peavey, dan masih banyak sound–sound local lainnya, untuk sound bass biasanya menggunakan Trace Elliot, Hartke, Galien Kruger, dan lain-lain, untuk keyboard pada umumnya menggunakan Rolland. Masih banyak merk-merk yang digunakan untuk standart artis, seperti, H & K, Messa Boggie, Ampeg, Bugera, dan lain-lain.

Guitar efek

Kalian pasti sudah tahu Efek gitar kan? Bukan hanya gitar saja, tapi bass juga memiliki efek, efek adalah alat yang dapat mengubah suara pada instrument yang kita mainkan, jenis suara yang dihasilkan juga sangat banyak dan berfariasi, suara apa saja yang dapat dihasilkan oleh efek digital maupun manual? Sangat banyak sekali, Contoh :

Distorsi

Suara distorsi adalah suara bising dan keras, biasanya di gunakan untuk jenis music Rock, Punk, Metal, Grunge, dan segala jenis music yang keras dan cadas.

Delay

Delay adalah suara Ping-Pong, yaitu suara yang berulang – ulang/memantul.

Flanger

Flanger adalah yang bergelombang dan stereo ( berjalan Kekanan dan kekiri ).

Over Drive

Over Drive adalah suara distorsi dengan gain yang kecil, biasanya digunakan untuk jenis music blues, Rock and Roll, Britis, dan lain – lain.

Dan masih banyak lagi jenis – jenis suara yang lainnya.

Efek pada umumnya terbagi dalam 2 jenis, yaitu :

Digital Efek

Digital efek adalah efek praktis, efek yang memuat semua suara yang kita perlukan dalam suatu paket dengan seting secara digital, mudah di bawa dan tidak ruwet, kualitas suara yang dihasilkan oleh digital efek terbilang lumayan baik, tidak jarang dalam fitur digital efek terdapat penyesuaian back sound yang nantinya akan kita pakai sewaktu kita akan bermain.

Sound Digital


Manual Efek ( StomBox )

Manual Efek adalah efek yang terpisah – pisah biasanya di sebut StomBox, efek ini merupakan efek yang cukup rumit karena tidak hanya seting saja, rangkaian pada efek StomBox ini harus di susun terlebih dahulu untuk mengininkan suara yang kita inginkan, untuk kualitas suara Efek Stombox ini memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan kualitas suara dari Digital Efek, karena Efek StomBox ini lebih dapat di seting untuk menonjolkan karakter suara yang kita inginkan.
 Manual Efek ( StomBox )

Jadi intinya adalah, jangan menganggap remeh Teknisi atau Sound Engineering, tidak ada artis atau band yang sukses tanpa bantuan dari Teknisi dan Sound Engineering, mereka adalah pahlawan di balik panggung yang mengolah semua suara menjadi alunan nada menjadi indah dan enak untuk didengar, jangan minder jadi Teknisi dan Sound Enginerring, karena kepuasan terbesar adalah di balik panggung.

Related Posts

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "TEKNISI SOUND ENGINEERING (TEKNISI DIBELAKANG PANGGUNG)"

  1. saya berminat dengan sound system buatan eropa mhn hub wa saya 085695756007 adek

    ReplyDelete